Cepatnya pencairan es di Greenland diamati.


Tim kerja sama dari para ilmuwan di Lembaga Ruang Angkasa Denmark dan Universitas Colorado di Boulder, AS telah mengamati pencairan es yang menyebar dengan kecepatan tinggi dari selatan Greenland hingga pesisir barat lautnya. Untuk melengkapi temuan mereka, tim internasional itu membandingkan data dari satelit Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) dengan pengukuran GPS dari ujung pantai lembaran es itu.

Salah satu fisikawan yang turut menulis kajian itu, Dr. John Wahr dari Univ. Colorado di Boulder, berkata: “Kehilangan massa es terjadi sangat dramatis… Spekulasi kami adalah beberapa gletser besar di kawasan itu meluncur ke bawah bukit lebih cepat dan memasukkan lebih banyak es ke lautan.” Banyaknya es yang hilang di Greenland yang dapat membuat kenaikan permukaan laut naik hingga 80 sentimeter pada tahun 2100, menurut ahli kelautan Dr. John Church dari Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran Australia (CSIRO).

Dr. John Church: Salah satu hal penting untuk disadari tentang lembaran es adalah kurangnya pemahaman kita tentang kenaikan permukaan laut yang dapat jauh lebih besar daripada yang kita perkirakan saat ini yang tidak jauh lebih kecil. Kita perlu menyadari pentingnya dan seriusnya masalah ini. Masyarakat perlu meminta pemerintah untuk menunjukkan kepemimpinannya untuk menjamin bahwa kita dapat mengurangi emisi kita secara substansial dan serius.

Maha Guru Ching Hai sering menyampaikan kepeduliannya tentang implikasi menakutkan dari perubahan iklim serta harapan bagi umat manusia, seperti pada konferensi video Maret 2009 di California, AS.

Maha Guru Ching Hai: Sebelumnya, Perserikatan Bangsa Bangsa memperkirakan kenaikan permukaan air laut 1 meter sudah akan menjadi  bencana yang sangat besar dan mengakibatkan banyak orang kehilangan rumah mereka. Tetapi para ilmuwan telah mendapatkan bahwa Greenland dan Antartika bagian barat dan timur sekarang semuanya sedang mencair yang perhitungannya belum dimasukkan ke dalam perkiraan sebelumnya. Berdasarkan temuan-temuan ini, seorang ilmuwan berkata: Jika seluruh Antartika mencair, maka permukaan laut bisa naik hingga 70 meter! Jadi, kita sama sekali tidak bisa lari dari kejadian ini kecuali kita beralih ke cara hidup yang berbudi luhur, lalu kita terhubungkan dengan Surga karena Surga juga berbudi luhur, penuh kasih serta berkat. Saya tidak melihat ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita sama sekali.

Referensi:
http://www.msnbc.msn.com/id/36007220/ns/us_news-environment/
http://sify.com/news/greenland-ice-sheet-losing-mass-on-northwest-coast-news-international-
kdypkhaghhh.html
http://cires.colorado.edu/people/wahr/
http://www.faculty.uci.edu/profile.cfm?faculty_id=5518

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: