Penjelasan NASA di Situsnya Hari Ini Mengenai Terjadinya Solar Tsunami (Tsunami Matahari)


Pada tanggal 1 Agustus, hampir seluruh sisi bumi yang menghadap matahari meletus dalam aktivitas yang kacau. Telah terjadi lidah api matahari kategori C3, tsunami matahari, beberapa filamen magnet terangkat dari permukaan matahari,goncangan skala besar dari korona matahari, semburan radio, coronal mass ejection dan banyak lagi. snapshot ultraviolet ekstrim ini diambil dari Dinamika Solar Observatory menunjukkan belahan utara matahari di pertengahan letusan. warna berbeda dalam gambar mewakili suhu gas yang berbeda mulai dari ~ 1-2.000.000 derajat K. Kredit: NASA / SDO


Gambar ini yang diambil oleh satelit stereo depan 3:47-15:47 UT, menunjukkan pergerakan awan CME, di sebelah kanan disk, seperti mengembang ke Bumi. Kredit: NASA / Stereo

Pada tanggal 1 Agustus sekitar 0.855 UT(Universe Time),Satelit pengorbit Bumi mendeteksi Lidah api Matahari kategori C3. Asal-usul ledakan itu Bumi berada di sunspot 1092. jilatan api matahari kategori C kecil (jika dibandingkan dengan X dan lidah api kategori M) dan biasanya memiliki beberapa konsekuensi yang nyata di Bumi ini selain aurora. satu ini telah mencetuskan coronal mass ejection menuju ke arah Bumi.

ejections massa Coronal (atau CMEs) adalah awan besar partikel bermuatan yang terlempar dari Matahari selama beberapa jam dan mampu mengangkut sampai sepuluh miliar ton (1016 gram) plasma. Mereka memanjang jauh dari Matahari pada kecepatan setinggi satu juta mil per jam. Sebuah CME dapat membuat perjalanan 93-juta-mil ke bumi hanya dalam waktu tiga sampai empat hari.

Ketika coronal mass ejection mencapai Bumi, berinteraksi dengan medan magnet planet kita, berpotensi menciptakan badai geomagnetik. Solar partikel down stream garis-garis medan menuju kutub Bumi dan bertabrakan dengan atom nitrogen dan oksigen di atmosfer, sehingga menampilkan aurora spektakuler. Pada malam ke 3 dan ke 4 Agustus, pemerhati langit di Amerika utara dan negara-negara lain harusnya dapat menyaksikannya di arah utara sebuah tarian tirai cahaya hijau dan merah.

Matahari berjalan melalui siklus rutin sekitar 11 tahun yang panjang. Maksimum solar terakhir terjadi pada tahun 2001 dan baru-baru ini solar minimum ekstrim lemah dan tahan lama. Letusan jenis ini adalah salah satu tanda pertama bahwa matahari sudah terbangun dan menuju surya maksimum lain diperkirakan dalam kerangka waktu 2013. !!

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

One Response to Penjelasan NASA di Situsnya Hari Ini Mengenai Terjadinya Solar Tsunami (Tsunami Matahari)

  1. dhe_chul mengatakan:

    SEREM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: