Tabrakan Galaktik (Sebuah Pertunjukan di Galaksi)



Citra baru indah dari dua galaksi yang bertabrakan telah dirilis oleh Observator besar NASA. Galaksi Antennae, terletak sekitar 62 juta tahun cahaya dari Bumi, disajikan dalam gambar komposit dari Observatorium Chandra X-ray (biru), Teleskop luar angkasa Hubble (emas), dan Spitzer Space Telescope (merah).

Tumbukan, yang dimulai lebih dari 100 juta tahun yang lalu dan masih berlangsung, telah memicu pembentukan jutaan bintang di awan debu dan gas dalam galaksi. Bintan-bintang muda yang paling besar telah melesat melalui evolusi mereka dalam beberapa juta tahun dan meledak sebagai supernova.

Gambar X-ray dari Chandra menunjukkan awan panas besar, gas antar bintang yang telah disuntik dengan deposito kaya unsur dari ledakan supernova. Gas ini diperkaya, yang meliputi unsur-unsur seperti oksigen, besi, magnesium dan silikon, akan dimasukkan ke dalam generasi baru dari bintang-bintang dan planet-planet. titik-terang sumber seperti di gambar yang dihasilkan oleh bahan yang jatuh ke lubang hitam dan bintang-bintang neutron yang sisa-sisa dari bintang-bintang besar. Beberapa lubang hitam mungkin memiliki massa yang hampir seratus kali Matahari.

Data Spitzer menunjukkan cahaya inframerah berasal dari awan debu hangat yang telah dipanaskan oleh bintang-bintang yang baru lahir, dengan awan paling terang terletak di wilayah tumpang tindih antara dua galaksi. Data Hubble mengungkapkan bintang tua di merah, filamen debu di daerah cokelat dan membentuk bintang-kuning dan putih. Banyak objek redup dalam gambar optik adalah kelompok yang berisi ribuan bintang.

Antennea galaksi mengambil nama mereka dari antena-seperti panjang “senjata,” terlihat dalam pandangan lebar-sudut sistem. Fitur-fitur ini diproduksi oleh sejumlah pasang surut yang dihasilkan dalam tumbukan.

Kredit: X-ray: NASA / CXC / SAO / J.DePasquale; IR: NASA / JPL-Caltech; Optical: NASA / STScI

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: