Netanyahu mengatakan penyelidikan armada Gaza Israel bertindak secara sah!!??



Tidak ada kata lain untuk mengatakan orang yahudi satu ini dengan sebutan Keras kepala dan licik… ckckck

Bersaksi sebelum penyelidikan Senin, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel bertindak sesuai dengan hukum internasional dalam serangan mematikan 31 Mei angkatan laut Israel pada armada bantuan Turki.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersikeras Senin bahwa Israel bertindak secara sah dalam serangan komando pada armada bantuan Gaza-terikat yang menewaskan sembilan aktivis, dalam pernyataannya di depan panel Israel.

“Saya yakin bahwa pada akhir penyelidikan Anda, itu akan menjadi jelas bahwa negara Israel dan IDF (Pasukan Pertahanan Israel) bertindak sesuai dengan hukum internasional,” kata Netanyahu anggota Komisi Tirkel saat dia mulai bersaksi tentang serangan.

“Saya adalah orang pertama yang muncul sebelum komisi yang terhormat ini Banyak orang lain akan muncul setelah saya., Dan saya percaya bahwa semua rincian akan menjadi jelas dan Anda akan sampai ke akar kebenaran,” katanya.

Pemimpin Israel tampak santai saat memasuki ruangan lama setelah 9:00 (0600 GMT), tersenyum pada menimbun jurnalis dan anggota masyarakat menunggu untuk mendengar kesaksian sumpah-Nya.

Setelah ia duduk, menghadapi bangku panel dengan membelakangi penonton, anggota komite membuat cara mereka ke dalam auditorium.

Membuka sesi, yang diharapkan terakhir ke sore, ketua komite Yaakov Tirkel kata beberapa kesaksian Netanyahu akan diberikan secara lisan dan beberapa akan disampaikan dalam bentuk tertulis.

“Sebanyak mungkin, panitia akan mencoba untuk membiarkan perdana menteri memberikan kesaksiannya secara lisan atau tertulis,” katanya.

Beberapa sesi ini diharapkan untuk mengambil tempat di balik pintu tertutup.

Netanyahu adalah yang pertama dari tiga pejabat atas sumpah memberikan kesaksian tentang insiden 31 Mei di mana pasukan komando angkatan laut menyerbu kapal bantuan enam mencoba untuk menjalankan blokade di Gaza, menewaskan sembilan aktivis dan melukai puluhan orang lain.

Serangan berdarah menimbulkan krisis diplomatik antara Israel dan Turki dan memicu panggilan global untuk penyelidikan – mendorong pemerintah Netanyahu untuk mendirikan Komisi Tirkel untuk melihat ke dalam legalitas operasi.

Israel mengatakan pasukan yang terpaksa untuk memaksa hanya setelah mereka diserang ketika mereka rappelled ke dek penumpang feri Turki Mavi Marmara. Tetapi para aktivis di kapal mengatakan tentara melepaskan tembakan begitu mereka mendarat.

Netanyahu tidak akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan canggung pada hari Senin saat ia bersaksi di depan lima anggota panel, dua pengamat asing dan ratusan anggota pers dan publik.

Ketika panitia telah dibuat pada bulan Juni, kantor Netanyahu mengatakan mandatnya adalah untuk memeriksa legalitas internasional blokade angkatan laut Israel dan tindakan yang diambil untuk menegakkan itu, serta tindakan-tindakan mereka yang mengorganisir dan mengambil bagian dalam armada tersebut.

Panel anggota tidak diizinkan probe proses pengambilan keputusan yang mengarah ke operasi, juga tidak memiliki wewenang untuk terlibat dalam pasukan pertanyaan menyerbu perahu.

Menteri Pertahanan Ehud Barak akan mengambil berdiri pada hari Selasa, diikuti oleh Kepala Staf Gabi Ashkenazi pada Rabu, dengan kedua kemungkinan besar akan ditanyai terhadap berbagai aspek operasional dari naik kapal.

Ashkenazi akan hanya melayani anggota militer untuk memberikan kesaksian di depan komite.

Panel lima orang, dipimpin oleh Tirkel, seorang hakim pensiun, mulai menyelidiki serangan pada akhir Juni, dan pembahasannya sedang dipantau oleh dua pengamat internasional.

Pembentukan panel, anggota dan mandatnya semua didukung oleh kabinet Israel. Its temuan akan disampaikan kepada pemerintah, yang telah menyalahkan pertumpahan darah di aktivis.

Militer Israel telah menyelesaikan penyelidikan sendiri ke dalam serangan sebelum fajar dan menyimpulkan bahwa meskipun kesalahan dibuat pada tingkat yang “relatif senior”, penggunaan api hidup dibenarkan.

Israel telah berulang kali mengatakan ia memiliki hak untuk menghentikan kapal mencapai Jalur Gaza sejak mereka bisa membawa senjata untuk para penguasa Islam Hamas dari kantong tersebut. Hamas disumpah untuk kehancuran negara Yahudi.

Pekan lalu Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon bernama panel sendiri untuk melihat ke dalam serangan yang gagal, yang diatur untuk mulai bekerja pada hari Selasa dan termasuk wakil-wakil dari Israel dan Turki.

PBB Dewan Hak Asasi Manusia juga melakukan penyelidikan, seperti Turki yang dilaporkan mencari sesuatu untuk kasus pidana terhadap Netanyahu, Barak dan Ashkenazi, mengisi mereka dengan pembajakan dan pembunuhan.

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: