Misi Pesawat Kepler NASA Menemukan Dua Planet Mentransit Bintang yang Sama


Info berikut saya kutip dari situs resmi NASA, dan sudah di translate ke bahasa Indonesia, Untuk pergi ke situsnya klik di sini

Pesawat ruang angkasa NASA Kepler telah menemukan sistem planet yang pertama dikonfirmasi dengan lebih dari satu planet melintas di depan, atau mentransit, bintang yang sama.

pertanda transit di dua planet berbeda terlihat di data untuk bintang seperti matahari yang ditunjuk Kepler-9.Planet bernama Kepler-9b dan 9c. Penemuan ini mencakup tujuh bulan pengamatan lebih dari 156.000 bintang sebagai bagian dari pencarian yang sedang berlangsung untuk planet berukuran Bumi di luar tata surya kita. Temuan akan dipublikasikan dalam surat kabar jurnal Science kamis.

kamera ultra-tepat Kepler mengukur penurunan kecil dalam kecerahan bintang-bintang ‘yang terjadi ketika sebuah planet mentransit nya. Ukuran planet ini kemungkinan berasal dari dips sementara.

Jarak planet dari bintang dapat dihitung dengan mengukur waktu antara dips berturut-turut sebagai planet mengorbit bintang. variasi kecil dalam keteraturan dips ini dapat digunakan untuk menentukan massa planet dan mendeteksi non-transit planet lain dalam sistem.

Pada bulan Juni, para ilmuwan menyerahkan hasil temuan misi untuk review perbandingan yang mengidentifikasi calon lebih dari 700 planet di 43 hari pertama data Kepler. Data termasuk lima sistem calon tambahan yang muncul untuk menunjukkan lebih dari satu planet transit. Tim Kepler baru-baru ini mengidentifikasi target keenam menunjukkan beberapa transit dan akumulasi data tindak lanjut cukup untuk mengkonfirmasi sistem multi-planet.

“Data berkualitas tinggi Kepler dan cakupan round-the-clock transit objek memungkinkan untuk seluruh pengukuran yang terdiri dari bintang-bintang induk dan sistem planet mereka,” kata Doug Hudgins, program Kepler ilmuwan di Markas NASA di Washington.

Para ilmuwan memperkirakan massa planet-planet dengan menggunakan pengamatan dari WM Keck Observatory di Hawaii. Pengamatan menunjukkan Kepler-9b adalah lebih besar dari dua planet, dan keduanya mempunyai massa yang mirip tapi kurang dari Saturnus. Kepler-9b terletak paling dekat dengan bintang dengan orbit sekitar 19 hari, sementara Kepler-9c memiliki orbit sekitar 38 hari. Dengan mengamati beberapa transit oleh masing-masing planet selama tujuh bulan data, waktu antara transit berturut-turut dapat dianalisis.

“Penemuan ini adalah deteksi  jelas pertama pada perubahan signifikan interval dari satu transit planet ke yang berikutnya, apa yang kita sebut variasi waktu transit,” kata Matthew Holman, misi Kepler ilmuwan dari Pusat Harvard-Smithsonian untuk Astrofisika di Cambridge, Mass “ini. adalah bukti dari interaksi gravitasi antara dua planet seperti yang terlihat oleh wahana Kepler.”

Selain mengkonfirmasi dua planet raksasa, para ilmuwan Kepler juga telah mengidentifikasi apa yang tampaknya menjadi ketiga, jauh lebih kecil tanda transit dalam pengamatan Kepler-9. tanda itu konsisten dengan transit sebuah planet super-Bumi berukuran sekitar 1,5 kali radius Bumi di panas terik, dekat-sun-orbit 1,6 hari. pengamatan tambahan diperlukan untuk menentukan apakah sinyal ini memang sebuah planet atau fenomena astronomi yang meniru penampilan transit.

NASA Ames Research Center di Moffett Field, California, mengelola pengembangan sistem tanah Kepler, operasi misi dan ilmu analisis data. NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, mengelola pengembangan misi Kepler.

Ball Aerospace dan Technologies Corp di Boulder, Colorado, mengembangkan sistem penerbangan Kepler dan mendukung operasi misi dengan Laboratorium Fisika Atmosfer dan Antariksa di University of Colorado di Boulder. The Space Telescope Science Institute di Baltimore arsip, hosts dan mendistribusikan data ilmu Kepler.

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

4 Responses to Misi Pesawat Kepler NASA Menemukan Dua Planet Mentransit Bintang yang Sama

  1. ws.rudi mengatakan:

    oia gan planet-planet tersebut apakah masih termasuk ke dalam galaksi bima sakti ngga?

    NB: buat para netter yang doyan makan mampir ke http://masakan-resto.blogspot.com ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: