China Samai Komputer Super Tercepat di Dunia


BEIJING (Arrahmah.com) – Ambisi China untuk menciptakan komputer super yang tercepat di dunia agaknya sudah terwujud. China akhirnya berhasil mensejajarkan diri dengan komputer supercepat buatan Amerika, Jaguar.

Negeri Tirai bambu tersebut berhasil menciptakan superkomputer buatan dalam negeri yang mampu melakukan 1.000 triliun operasi per detik. Kecepatan ini sama dengan Jaguar, yaitu sebesar 1,75 petaflops per detik (1 petaflop setara dengan 1.000 triliun kalkulasi).

Superkomputer yang diberi nama Tianhe-1 itu dijadwalkan akan beroperasi pada September 2010. Tianhe-1 dikembangkan oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional China sejak 2009.

Kalkulasi per detik yang dilakukan Tianhe-1 sama dengan kalkulasi yang dilakukan oleh 1,3 miliar orang dalam jangka waktu 88 tahun. Sementara kapasitas memorinya setara dengan koleksi empat perpustakaan yang masing-masing berisi 27 juta buku.

Dikutip detikINET dari Bignews Network, Sabtu (4/9/2010), rencananya Tianhe-1 akan digunakan untuk animasi, riset biomedik, pengembangan peralatan kedirgantaraan, eksplorasi sumber daya, satelit penginderaan jauh dan prakiraan cuaca. (dtk/arrahmah.com)

Source: http://arrahmah.com/index.php/news/read/9056/china-samai-komputer-super-tercepat-di-dunia#ixzz0zEFjno8V

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: