Sang Robot Lengket


Pernahkah selama hidup anda bisa memanjat dinding?Ya, sebentar lagi anda dapat mewujudkannya sama seperti tokek..😀

Tokek dapat menempel pada dinding berkat teknik yang disebut adhesi kering. Setiap ujung kaki tokek berisi seperti ratusan permukaan karet, dan punggung masing-masing memiliki jutaan rambut (lihat gambar di bawah).

Bulu-bulu kecilnya 10 kali lebih tipis dari manusia dan masing-masing terbagi menjadi alur yang lebih kecil disebut spatulae. pisahan ini berakhir berinteraksi dengan molekul permukaan pendakian dengan menggunakan gaya van der Waals, dan menempel ketika menarik dalam satu arah. Jika menarik ke arah yang berbeda, namun, perekat segera bereaksi.

Sekarang, Stanford University insinyur mekanik telah menciptakan robot yang akan mereplikasi sebuah kaki lengket tokek agar dapat memanjat dinding.

robot Sebelumnya telah mampu dalam skala vertikal permukaan kasar, seperti batu bata atau beton, tetapi Stickybot dapat menangkap ke permukaan yang halus seperti kaca dan logam.

The Stickybot meniru tokek nyata berkat bahan karet-seperti yang telah bulu polimer kecil yang terbuat dari cetakan skala mikro. Material yang kuat dan dapat digunakan kembali, dan tidak meninggalkan residu atau kerusakan.

Robot seperti Stickybot dapat digunakan untuk mengakses berbahaya atau sulit dijangkau, seperti bangunan runtuh atau tempat persembunyian supervillain.

Sebuah perekat yang sama, Z-Man, juga sedang dikembangkan untuk manusia. Bersiaplah untuk mencapai dinding-dinding itu!


Source : Student Blog (student.egfi)

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: