Aku dengan NetBeans(JAVA)


Kesibukan ane selama ini adalah selalu belajar dengan tugas dari universitas dan membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman, jadi sesuai dengan bidang saya, saya terus bereksperimen untuk membuat program. Untuk postingan kali ini saya akan membahas mengenai kode atau penulisan pada java. Dan saya akan menunjukan pada anda2 semua untuk membuat program paling sederhana pada JAVA.

Tapi sebelumnya saya beritahu dulu apa itu JAVA. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Dan salah satu produknya yang saya gunakan adalah NetBeans. NetBeans hanya merupakan jenis dari aplikasi bahasa pemrogramannya dia adalah JAVA kode terbuka, saya memilih NetBeans karena lebih mudah, dan sangat membantu dalam membuat bahasa pemrograman. Untuk mengetahui lebih banyak tentang java klik di sini dan untuk lebih tahu mengenai NetBeans klik di sini.

Ini contoh tampilan NetBeans : Untuk membuat sebuah program yang ingin menampilkan tulisan “Hello World” pada outputnya kita mengetikkan seperti ini :

pada NetBeans kita harus membuat package atau project folder baru terlebih dahulu untuk membuat program, maka seperti yang terlihat di atas nama packagenya sama denga nama project yang kita buat sebelumnya. Jangan abaikan di sana tulisan abu-abu yang di dahului dengan, (/**) dan diakhiri dengan, (*/) karena itu hanya merupakan pesan di dalam program tidak akan berpengaruh apa-apa pada proses program kita. Itu berguna jika seseorang ingin menambahkan program kita atau mau merubah program, karena dengan pesan kita bisa memberi tahu untuk apa coding di sini.

lalu public class di set menjadi Method utamanya atau sederhananya adalah program utama.

Setelah itu begitu juga dengan “public static void main” yang maksudnya adalah sebuah pembuka untuk baris program yang akan di masukan berikutnya berisi argumen-argumen dan logika. Kemudian seperti yang anda lihat System,out~bla~bla~bla adalah untuk mengeluarkan tulisan nantinya di output. Seperti ini :

Ini adalah sebuah dasar dari bahasa pemrograman di JAVA.

Di bawah ini Saya akan memberi contoh untuk mengeluarkan kotak dialog pada JAVA :

Dan Outputnya :

Selamat Mencoba……………….

 

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: