Kita diawasi dan dimonitori hanya dengan koneksi data


Rasa kepercayaan anda dengan perusahaan provider internet atau perusahaan Teknologi sekarang mungkin akan berkurang jika anda mengetahui apa yang telah “Wikileaks” beberkan dalam database file bocoran terbaru oleh WikiLeaks.

Anda akan menemukan bermacam skandal banyak perusahan teknologi dan provider dalam bidang alat dan jaringan internet di seluruh dunia. Dan anda bisa melihat penjelasan rilis databasenya di sini. Seperti teknologi dalam film Hollywood kita melihat bagaimana seseorang dipantau hanya ketika dia terkoneksi ke-Internet  entah melalui device mobile phone, Komputer, laptop, GPS atau alat apapun yang memungkinkan untuk pengiriman koneksi data. Mereka dapat mengetahui keberadaan kita, posisi kita berdiri, menganalisa suara kita apakah kita di dalam ruangan atau bahkan membajak kamera anda dan melihat anda secara langsung, dan tebak apa? Semua itu memungkinkan.
Dan untuk saya dan anda yang berada di Indonesia, jangan khawatir, wilayah pengintaian untuk itu belum sampai di sini namun tidak menutup kemungkinan anda untuk bisa dipantau terlebih jika anda memakai merek mobilephone yang berasal dari perusahaan Barat. Mau tau perusahaan apa itu, mungkin termasuk dengan mobilephone yang anda pakai sekarang. Anda bisa melihatnya secara langsung melalui aplikasi browsing file database “Spy Files” dalam bentuk map di sini.

Privacy, bukan lagi hal yang dihormati. Semuanya dilakukan secara ilegal dan bahkan terkadang tanpa setahu provider telekomunikasi terlebih usernya. Trojan, pemantauan selular, pemantauan internet, analisa suara, pemantauan pesan singkat (SMS), pelacakan GPS adalah alat yang digunakan untuk pengawasan dan mata-mata yang digunakan perusahaan-perusahan mata-mata kontraktor. Mereka menjual software dan teknologi mereka pada militer, polsisi, pemerintahan, pihak berotoritas, bahkan kepada yang tidak mempunyai otoritas untuk itu. Secara diam-diam dapat memantau dan mematai-matai seseorang.

Mereka(perusahaan kontraktor mata-mata) yang bertanggung jawab atas kematian penduduk di Pakistan, perbatasan Afghanistan-pakistan dan beberapa negara timur tengah yang dilakukannya operasi CIA melalui Predator Drone-nya. Mereka menjual software yang di integrasikan dengan UAV tersebut untuk mematai-matai dan meluncurkan tembakan seperti Hellfire kepada daerah berkependudukan dan dengan akurasi yang melenceng sekitar 40 kaki.

Sangat gila, bahkan dengan melakukan sms ataupun membiarkan selular maupun mobilephone anda dalam keadaan standby saja bisa dimonitoring dan dipantau. Dengan semua hal itu yang dilakukan kita harus tetap Anonim di dunia maya, tetap secure dengan privacy dan data kita di internet. Untuk di Indonesia, perusahan provider telekomunikasi maupun perusahaan selular masih belum terlihat dalam hal itu, namun kemungkinannya masih saja terbuka. Media utama dari pengintaian diam-diam ini adalah jaringan internet. Beberapa yang bisa anda lakukan :

1.  Anda dapat mematikan “mobile network” koneksi data pada cellphone anda jika tidak terlalu dibutuhkan. Selain karena radiasi dari gelombang sinyal cellphone yang berisikan koneksi data seperti 3G, HSDPA dan gelombang wireless lainnya dapat menyebabkan tumor otak, namun juga membuat anda terbuka untuk diawasi dan disusupi ketika anda sedang membawa cellphone anda.

2.  Matikan Alat GPS jika sedang tidak membutuhkannya, pelacakan GPS ternyata memungkinkan.

3.  Jangan sekali-sekali memberikan posisi anda ataupun memberitahukan keberadaan anda di jejaring sosial, anda akan sangat terekspose dalam hal ini.

4. Enskirpsi data penting anda, gunakan antivirus yang ketat pada komputer atau laptop anda agar tidak mudah dimasuki “Trojan”, “Spyware” atau “Malware” yang berbahaya untuk keamanan data anda.

5.  Jika anda menggunakan komputer publik atau laptop orang lain berhati-hati dengan adanya Keylogger, Cookies, dan jenis penyimpanan informasi login lainnya. Dan pastikan anda telah menghapus semua history yang anda lakukan pada browser.

6. Gunakan Sandi yang menggabungkan angka, huruf dan karakter alfanumerik lainnya. Karena ini akan lebih sulit untuk ditembus.

7. Berusaha untuk tetap Anonim di lingkungan dunia maya.

Itulah saran dari saya, berangkat dari pengalaman dan ilmu yang saya ketahui. Tetap berhati-hati, Bocoran dari Wikileaks tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk menjaga keamanan diri kita di dunia digital seperti sekarang ini. Karena bisa saja kita menjadi target karena sesuatu project atau kerja yang kita lakukan sekarang.
Keep Anonymous🙂 .

Perihal arnstev
"Bless all forms of intelligence"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: